Harapan Sedarhana Saya di Tahun 2018


Hari ini adalah awal dari tahun 2018, kita telah meninggalkan tahun 2017 dengan segala rutinitas dan drama kehidupan, susah senang, benci cinta, jauh dekat, baik buruk dan lainya. Mungkin ada yang dapat pacar ditahun 2017, bahkan mungkin ada yang putus cinta juga di tahun 2017 itu.

Masa lalu biarlah masa lalu, masa lalu cukup jadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kita semua. Marilah kita menata kehidupan kita di tahun yang baru ini, target yang belum tercapai pada tahun kemarin bisa dikejar pada tahun ini, ada yang belum baik di tahun kemarin, kita perbaiki di tahun ini.

Nah, apa yang menjadi resolusi saya di tahun 2018 ini?

Seperti yang telah saya sampaikan pada artikel sebelumnya (Baca :  MemulaiUsaha itu Tidak Hanya Dengan Niat Saja, TapiHarus Dengan Tekad yang Kuat Juga.Kalau Tidak.....) bahwa saya ingin sekali memiliki sebuah bisnis atau usaha, tidak apa biarpun kecil tapi bisa berjalan usaha tersebut. Sejalan dengan itu, maka resolusi saya di tahun 2018 ini adalah bagaimana saya bisa memiliki dan menjalankan usaha kecil-kecilan secara konsisten. Yaa,, konsisten ini lah yang menjadi resolusi saya dalam bisnis saya, selain itu bisa berkembang seperti yang diharapkan, dan tentunya bisa menghasilkan. Hehe..

Secara umum, pasti harapan ditahun mendatang akan lebih sukses lagi dalam kehidupan, baik itu dalam kehidupan keluarga, masyarakat, dan pekerjaan. Semoga kehidupan kita di tahun yang akan di jalani penuh dengan keberkahan dan tentunya selalu di ridhoi Allah Yang Maha Kuasa.

Tentunya untuk mengarungi tahun yang akan dijalankan adalah kita mesti merenungi proses tahun sebelumnya dan membuat perencanaan untuk kehidupan untuk tahun mendatang. Mana yang masih kurang kita perbaiki, dan mana yang sudah bagus kita pertahankan, dan kalau bisa kita tingkatkan.

Itulah, sekelumit harapan saya yang sederhana ditahun 2018 ini. Dan bagaimana dengan harapan kalian di tahun 2018 ini?



Sumber Gambar: makasar.tribunnews.com
READ MORE - Harapan Sedarhana Saya di Tahun 2018

Mencoba Usaha Menjadi Reseller Buku Bisnis


Kemarin di artikel sebelumnya saya ada membahas tentang berwirausaha. Bagaimana kita harus menyiapkan mental dan tekad yang kuat untuk berwirausaha.


Pada artikel itu juga saya ada memberitahu bahwa saat ini dan kondisi terkini bahwa saya sedang menjalankan sebuah usaha menjadi seorang Reseller penjualan buku-buku bisnis. Dan mudah-mudahan usaha saya kali ini bisa membuahkan hasil.. J

Saat ini saya menjalankan bisnis menjadi Reseller buku bisnis dari Ednovate. Ednovate ini didirikan oleh Mas Hermas Puspto, beliau sudah banyak sekali menulis buku terutaman buku tentang kewirausahaan.

Nah, saya coba-coba peruntungan saya disini, siapa tau aja cocok. Terdapat banyak sekali jenis buku nya:
1. 7 Langkah Membangun Tim Bisnis Online [NEW]
2. Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli
3. Rahasia Jualan Laris Dari FB
4. Banjir Order Modal WA
5. Bisnis Dari Rumah PJR
6. Rahasia Closing Setiap Hari
7. 10 Juta Perbulan Dari FB
8. Rahasia Membuat Promosi Yang Menjual
9. Reseller Jago Jualan;
10. DVD 100 Juta Pertama

Nah jika rekan-rekan semuanya ada yang minta dengan buku – buku ini, silahkan saja jangan ragu untuk melakukan pemesanan melalui link berikut:


Mungkin diantara rekan-rekan ada yang pernah menjalankan sebuah bisnis, bisa sharing-sharing ya di komen dibawah.


READ MORE - Mencoba Usaha Menjadi Reseller Buku Bisnis

Memulai Usaha Itu Tidak Hanya Dengan Niat Saja, Tapi Harus Dengan Tekad yang Kuat Juga. Kalau Tidak.....

Kalau ngomongin tentang pilihan kerja atau wirausaha, pasti setiap orang akan memiliki jawaban yang berbeda- beda. Ada tipe orang yang memang lebih suka menjadi pekerja, dan ada tipe orang yang sebaliknya, namun ada juga yang mencoba kedua-dua nya.

Ada beberapa pendapat interest tentang hal ini, untuk orang yang lebih memilih menggeluti usaha sendiri, mereka berfikir bahwa sekecil-kecilnya usaha yang kita jalani itu merupakan usaha milik sendiri dan kita adalah bos didalamnya, bisa berimprovisasi sendri untuk mengembangkan usashanya dan berbagai macam alasan lainnya.


Untuk orang yang lebih memilih menjadi pekerja/ karyawan, bahwa menjadi karyawan adalah sebuah yang didambakan terutama bekerja diperusahaan yang bisa dikatakan besar, dan penghasilan per bulan nya tetap dan bebrbagai alasan lainnya.

Kedua tipe dengan berbagai alasan tersebut tidak bisa disalahkan, kita hidup memiliki pilihan masing-masng terutama dalam bidang pekerjaan.

Oke,,, bagaimana dengan saya? Hehe..

Kalau saya sendiri adalah seorang pekerja/ karyawan yang bekerja disebuah perusahaan multinasional, dan jika ada kesempatan dan waktu luang saya akan mencoba belajar untuk membangun usaha sendiri. Terus terang, mimpi saya adalah memiliki usaha yang sukses dan bisa kaya raya dari usaha tersebut :D

Tapi, untuk saat ini mimiliki usaha itu masih menjadi angan dan impian. Belum sempat saya berkecimpung secara serius di sana. Kenapa saya katakan belum sempat “serius”? karena beberapa kali saya sudah pernah mencoba memulai usaha, usaha sangat kecil-kecilan sekali (Udah kecil dtambah sekali pulak.. Hehe..). Sampai-sampai saya sudah beberapa kali membeli buku tentang bisnis dan wirausaha baik online maupun offline.

Well,, sudah beberapa jenis usaha yang saya lakoni, kita bahas satu-satu ya.

1. Menjadi penjual jamu
Dulu sekali waktu masih jaman kuliah, waktu itu memang sedang semester akhir dan kegiatan kuliah juga sudah sedikit. Akhirnya saya dan teman-teman berembug untuk bekerjasama menjadi distributor produk jamu tradisional dari produsen yang memiliki pabrik sendiri. Sudah sempat berjalan beberapa bulan usaha ini, dan semakin lama berjalan bukannya semakin maju malah semakin mundur. Tragis sekali bukan? J

2. Menjual jilbab
Namanya juga belajar jualan, apapun saya jual termasuk Jilbab. Biarpun saya cowok bukan berarti tidak bisa jualan jilbab. Kebetulan ada teman yang memproduksi produk jilbab jadi saya mencoba untuk ikut menjualkan produk teman tersebut. Niat saya sudah lumayan kuat waktu itu, saya sudah buat toko web nya (biarpun dari blog gratisan) karena memang niatnya juga mau dijual secara online, sudah dibuat juga toko online nya di Facebook, sudah pernah ada beberapa kali konsumen yang membeli lewat saya. Tapi sama dengan yang diatas, usaha saya ini juga tidak berlangsung mulus.

3. Ikut MLM (Hahaha..)
Yesss,,, saya pernah ikut MLM sebuah produk kesehatan dan mungkin nomor anggota nya juga masih aktif sampai sekarang. Mungkin ada yang pesan ke saya sekarang?  ( Haha.. ) Sebenarnya setiap sesi pertemuan dari bisnis MLM ini sangat bagus, banyak ilmu yang diberikan dari upline agar kita tetap semangat dan jangan menyerah dalam berusaha. Tentu donk upline kita akan memberikan dan membakarkan semangat buat kita, karena kalau kita sukses, pastinya upline kita juga akan ikutan sukses. Tapi lagi-lagi, usaha ini juga tidak berjalan dengan mulus. Dan saya vakum menjalani MLM ini. Kasian sekali upline saya ini, punya downline kayak gini.

4. Menjadi reseller produk gadget dan aksesoris
Sama dengan bisnis-bisnis lainnya, awal dari saya memulai ini juga sangat bersemangat, semangat saya terbakar oleh testimoni-testimoni yang telah lebih dulu menjadi reseler ini, saya pikir kalau yang lain bisa kenapa saya tidak bisa? Menjadi reseller produk gadget ini juga tidak gratis lhoo.. Saya harus bayar sekian rupah (lumayan juga, sekitar ratusan ribu rupiah) untuk mendapatkan akses pada produk-produk yang akan kita jual. Selain itu kita juga ada dimasukan kepada sebuah grup, dimana dalam grup tersebut banyak sekali memebr yang ikut bergabung seperti saya. Didalam grup tersebut ada mentoring nya, bagaimana cara menjual produk yang bagus, dikasih ilmu dan cara bermarketing serta banyak ilmu lainnya. Namun, saya sekarang lost dari grup nya, karena sempat handphone saya rusak. Dan sekarang sudah bisa ditebak kan bagaimana usaha saya ini?

5. Menjadi reseller produk buku bisnis
Nah, ini bisnis terkini saya yang saya ikuti. Menjadi reseller sebuah produk buku bisnis. Saya akan mencoba lagi peruntungan saya, sama seperti hal nya menjadi reseller produk gadget dan aksesoris. Untuk mengikuti dan menjadi reseller ini juga saya harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai uang pendaftaran, dan akan memeperoleh akses untuk mejualkan barang dengan harga reseller via akun web nya. Mudah-mudahan bisnis terkini yang sedang saya jalani ini bisa berjalan dengan sukses. Aamiin..

Dari pengalaman saya beberapa kali mencoba sebuah usaha, dapat saya tarik kesimpulan bahwa untuk memulai usaha hanya sekedar niat aja tidak bisa, harus memiliki tekad dan konsistensi yang kuat. Serta usaha yang betul betul dijalanai.


Bagi teman-teman yang memiliki cerita yang sama, bisa share juga ya di kolom komentar. Terima kasih.


READ MORE - Memulai Usaha Itu Tidak Hanya Dengan Niat Saja, Tapi Harus Dengan Tekad yang Kuat Juga. Kalau Tidak.....

KRL, Moda Transportasi Massa Favorite-ku

Sudah lama saya tidak menulis artikel di blog, dan sudah lama juga vakum dari per-blog-an. Karena kesibukan saya didunia offline. Sekarang saya ingin membahas mengenai moda transortasi masal yang selama ini saya pergunakan setiap hari, yaitu KRL, alias commuterline, atau kereta api listrik. Kereta api pake listrik? Atau kereta listrik ga pake api? Ah sudahlah, apapun namanya itu. 

Rambu-rambu di KRL

KRL merupakan moda trabsportasi masal dan menurut saya paling terfavorite di jabodetabek, khususnya bagi saya pribadi. Berdasarkan data dari KRL bahwa rekor penumpang per hari nya bisa mencapai 1 juta penumpang, ini merupakan sebuah angka yang fantastis. Bayangkan 1 juta orang hilir mudik setiap hari menggunakan KRL.

Rute KRL ini sangat banyak dan variatif, dari berbagai daerah menuju jakarta dan sebaliknya. Beberapa tujuan akhir KRL ini diantaranya adalah Bogor, Nambo, Tangerang, Bekasi, serta Jakarta. Dari beberapa kota tujuan akhir tersebut dengan rute yang dilewati terdapat banyak sekali stasiun.
Fasilitas yang disediakan oleh KRL untuk saat ini secara umum sudah bagus, dan stasiun-stasiun pun tertata modern, kalau cerita dari orang-orang sih sepertinya tidak kalah dengan statsiun diluar negeri, kalau saya belum pernah ke luar negeri jadi tidak tahu juga ya bener apa enggak.. hehe..

Kondisi di stasiun

Selain stasiun yang rapi dan tertata modern, terdapat beberapa fasilitas dari KRL seperti adanya gerbong khusus perempuan disetiap rangkaian kereta, yaitu rangkaian paling ujung (depan dan belakang). Adanya bangku khusus prioritas disetiap rangakaiannya berada disetiap sudut gerbong adalah sebuah hal yang sangat positif, bangku prioritas ini hanya diperuntukan bagi manula, ibu dengan membawa balita, wanita hamil, dan penyandang disabilitas, selain itu tidak diperkenankan untuk duduk. Pada rangkaian kerta selalu dikawal oleh petugas keamanan, hal ini akan menambah rasa aman untuk para penumpang, selain di dalam gerbong pasukan keamanan juga bertugas untuk mengamankan disekitar stasiun, dan disetiap-tiap stasiun pasti ada pasukan pengamanan tersebut.

Terdapat AC dan bangku duduk disetiap rangakain, walaupuuun bagi saya pribadi jarang sekali merasakan tempat duduk di KRL ini, karena saking padat dan penuhnya gerbong dengan penumpang jadi hanya orang-orang yang tetrtentu dapat tempat duduk, biasanya orang yang naik KRL di stasiun pemberangkatan pertama mereka yang bisa duduk, itu pun rebutan..

Kondisi dalam gerbong KRL
Memang disaat-saat tertentu kereta akan sangat padat, yaitu pagi dan sore hari dimana orang-orang berangkat kerja/sekolah dan pulang kerja. Dan dihari-hari libur pun justru penumpang KRL ini juga tidak kalah padatnya, karena banyaknya orang yang ingin liburan dan menggunakan transportasi KRL.

Alasan kenapa orang-orang cenderung naik KRL biarpun harus berdiri sampai statiun tujuan yang biasanya memakan waktu 1-2 jam perjalanan dan bahkan untuk masuk aja susah karena sangat padat, ini dikarenakan naik kereta ini anti macet, sehingga waktu tempuh akan lebih efisien daripada harus menggunakan transportasi mobil, bus, ataupun motor.


Suatu saat nanti saya akan ceritakan tentang bagaimana padatnya gerbong kereta, bagaimana perjuangan agar bisa masuk kereta, suka dan duka naik kereta dll. Nah untuk saat ini dicukupkan dulu bahasan tentang KRL nya, mungkin ada yang meau menambahkan cerita lainnya silahkan ceritakan di kolom komentar. J


READ MORE - KRL, Moda Transportasi Massa Favorite-ku

Heboh,, Penemuan Susunan Batuan Di Duga Candi Di Purworejo Pasca Terjadinya Longsor

Beberapa waktu lalu Masyarakat Indonesia khususnya warga Purworejo dihebohkan penemuan batuan yang tersusun rapi berbentuk bangunan. Bangunan tersebut merupakan diduga sebuah candi yang sangat besar bahkan diperkirakan lebih besar dari candi Borobudur.

Hal ini menambah keyakinan bahwa di negara kita tercinta Indonesia ini mempunyai peradaban masa silam yang teramat luar biasa. Sederetan temuan purbakala muncul yang menggambarkan kemajuan peradaban nenek moyan Nusantara tersebut.


Teringat sebelumnya ditemukan situs purbakala dan bahkan telah dilakukan penelitian dan penggalian, yaitu situs Gunung Padang di Cianjur. 


Bahkan Situs purbakala Gunung Padang dari hasil penelitian diketahui bahwa umur dari hasil pengukuran yang dilakukan memiliki umur lebih tua daripada piramida Giza di Mesir dan bahkan ukurannya pun lebih besar.

Disinyalir masih banyak bangunan-bangunan serupa yang masih belum ditemukan. Atau sudah banyak ditemukan bangunan serupa namun belum terekspos dan belum dilakukan penelitian. 


Dengan adanya temuan-temuan peradaban tersebut masihkan kita mengira bahwa peradaban nenek moyang kita primitif? Coba bayangkan bagaimana jaman nenek moyang kita dulu membuat bangunan-bangunan "mewah" seperti itu? Itu hanya bisa dilakukan oleh bangsa yang memiliki peredaban dan teknologi yang sangat maju.

Maka patutlah kita berbangga diri sebagai warga Nusantara memiliki peradaban masa lalu yang sangat maju. Hal ini seharunya dijadikan motivasi kita sebagai penerus bangsa untuk tetap percaya diri dikancah dunia bahwa bangsa kita adalah bangsa yang maju, beradab, dan mandiri.












READ MORE - Heboh,, Penemuan Susunan Batuan Di Duga Candi Di Purworejo Pasca Terjadinya Longsor

Inilah Cara Budidaya dan Perbanyakan Tanaman Buah Agar Cepat Berbuah serta Lebat

Halo guys, setelah sekian lama absen untuk menulis artikel kali ini admin akan menulis tentang perbanyakan tanaman buah-buahan agar cepat berbah dan menghasilkan buah yang berkualitas baik. Tulisan ini terilhami ketika admin membeli tanaman buah-buahan, disana banyak dijual beraneka jenis tanaman, dan yang uniknya bahwa tanaman tersebut biarpun masih kecil-kecil tapi mereka telah berbuah. Hmm.. bagaimana caranya?



Oke kita bahas sekilas teori tentang budidaya tanaman. Dalam dunia pertanian perbanyakan tanaman dikenal dengan dua macam, yaitu perbanyakan secara generatif dan perbanyakan secara vegetatif. Perbanyakan secara generatif adalah perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji dari tanaman tersebut, hasil dari perbanyakan generatif ini akan bervariasi dan akan tidak sama dengan sifat induknya. Perbanyakan vegetatif adalah perbanyakan tanaman dengan tanpa biji dari tanaman tersebut, perbanyakan vegetatif ini menggunakan bagian dari tanaman itu sendiri, dan hasil dari perbanyakan vegetatif ini akan memiliki sifat yang sama dengan induknya karena persis seperti copy paste tanaman. Dan pada umumnya perbanyakan vegetatif ini akan menghasilkan tanaman yang cepat berbuah.

Nah,, apa saja jenis perbanyakan vegetatif (buatan) pada tanaman buah agar cepat menghasilkan buah dan berkualitas?

1. Mencangkok / pencangkokan
Pencangkokan adalah metode perbanyakan buah dengan cara mengiris kulit atau mengelupas kulit dari batang nya, kemudian membungkusnya dengan plastik yang telah diberi tanah, atau bisa juga dengan serabut kelapa agar tumbuh akar. Biasanya pencangkokan ini dilakukan pada tanaman buah yang berkayu serta memiliki kambium. Untuk melakukan pencangkokan pilihlah induk yang memiliki kualitas yang bagus isalnya bentuk dan rasanya, karena hasil dari cangkokan akan mengikuti induknya. Contoh tanaman buah yang bisa dicangkok adalah tanaman mangga, sawo, rambutan, jambu dan lain-lain.

2. Okulasi
Perbanyakan dengan okulasi adalah perbanyakan tanaman dengan cara menempelkan bagian tanaman ke bagian tanaman lain, yaitu dengan menempelkan tunas ke bagian tanaman lain. Okulasi ini kita menyiapkan 2 tanaman yang berbeda. Tanaman yang pertama berperan sebagai tanaman bawah dan tanaman kedua sebagai tanaman atas. Tanaman bawah harus memiliki perakaran yang kuat, kokoh tahan penyakit sedangkan tanaman atas harus memiliki kualitas yang bagus karena kita akan panen tergantung dari indukan tanaman atasnya. Contoh tanaman buah yang bisa di okulasi adalah rambta, mangga, jambu dan lain sebagainya.

3. Stek
Stek adalah metode perbanyakan tanaman dengan mengambil bagian batang tanaman ke media tanam atau ke tanah. Biasanya bagian batang yang di stek adalah bagian batang atas atau pucuk. Perbanyakan tanaman buah dengan stek perlu bahan -bahan seperti hormon akar, sungkup agar pucuk yang di stek dapat tumbuh dengan optimal dan tingkat keberhasilanya tinggi. Contoh tanaman buah yang di stek adalah jambu bold, jambu air, lengkeng, anggur dll.

Demikian lah beberapa perbanyakan tanaman buah yang dilakukan secara umum di masyarakat. Kita sering melihat tanaman buah-buahan masih kaecil namun sudah berbuah lebat, bisa saja tanaman tersebut adalah hasil dari jenis salah satu perbanyakan tersebut.


Sumber: dari berbagai sumber

READ MORE - Inilah Cara Budidaya dan Perbanyakan Tanaman Buah Agar Cepat Berbuah serta Lebat

Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Artikel ini saya buat dengan judul yaitu "Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita". Artikel ini ditulis dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang sebentar lagi akan kita selami.

Bagi umat muslim puasa (shaum) terutama di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban sesuai dengan Firman Allah yang tertera dalam Al-Qur'an Surat Al Baqarah ayat 183: " Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa" (QS. Al Baqarah:183). 

Demikian lah firman Allah SWT kepada makhluknya yang beriman, agar kita semua menjadi orang-orang yang bertwaqwa. Tentulah itulah tujuan utama kita berpuasa. Selama-lama bertahun-tahun kita melakukan ritual ibadah puasa terkadang masih tergoda dengan apa-apa yang membatalkan ibadah puasa tersebut.

Namun, beberapa penelitian yang dilakukan bahwa berpuasa ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan manusia. Kita ambil saja salah satu contoh dalam dunia kedokteran, ada tindakan medis yang mengharuskan pasien nya melakukan puasa terlebih dahulu sebelum dilakukan tindakan tersebut.

1. Secara umum terdapat beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang diambil dari berbagai sumber:
2. Manfaat detoksifikasi dan mengeluarkan racun dalam tubuh
3. Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)
4. Membantu menurunkan kadar kolesterol
5. Membantu diet dan mengontrol berat badan
6. Mencegah terjadinya penyakit diabetes dan mengurangi kadar gula dalam darah
7. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh
8. Menyehatkan sistem pencernaan tubuh
9. Dapat membuay jiwa dan perasaan menjadi tenang
10. Membantu mengatasi masalah peradangan
11. Menyehatkan organ ginjal
12. Meningkatkan kebiasaan diet yang sehat
13. Meningkatkan kekebalan (imun) tubuh
14. Menjaga pembuluh darah dan kesehatan jantung 

Demikianlah sedikit dari sekian banyak manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat kesehatan ini hanyalah bonus dari ibadah puasa yang kita lakukan. Tentunya dalam beribadah kita hanyalah mengharap ridho dari Nya tidak mengharap selain itu. 


Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Jika manfaat tersebut dirasa masih belum ada yang tercantumkan di artikel ini silahkan berbagi di kolom komentar.



READ MORE - Manfaat Luar Biasa Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita
 

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.