--> Skip to main content

AC Mobil Tidak Dingin? Mungkin Ini Penyebabnya

Halo genk pecinta otomotif, kali ini kangibra mau membagikan kembali pengalaman dalam menangani masalah pada mobil. Kali ini permasalahannya adalah AC mobil kangibra tidak terasa dingin, hanya terasa hembusan angin saja.

Apakah teman-teman juga pernah mengalami atau bahkan sedang mengalami hal yang sama?

Riwayat Kejadian

Sedikit cerita bahwa adanya AC ini selain mengademkan ruangan kabin, juga untuk safety, kira – kira itulah yang kangibra rasakan.

Jadi waktu AC mobil terasa tidak dingin, mobil dibiarkan dulu tanpa langsung dilakukan servis kepada bengkel langganan atau bengkel AC. Ya fikir kangibra ga terlalu urgent lah, toh masih bisa buka kaca. Namun, pada suatu ketika kangibra pulang kerja malam - malam, diperjalanan melewati tol, tiba-tiba saja turun hujan begitu deras nya (deras banget pokoke lah). Akhirnya mau tidak mau jendela mobil ditutup donk, nyalakan AC, pikirku ya gapapa lah hanya dapat angin saja, kan hari hujan jadi dikabin tidak kepanasan.

Dan… Tau apa yang terjadi?

Ternyata mobil kaca berembun sodara-sodara, embun – embun tersebut menutupi visual mata untuk menembus hujan melihat jalan. Ditambah pula hujan yang deras semakin menghilangkan pandangan mata, walaupun wiper sudah bergerak pada kecepatan maksimal.

Astaga, serasa pengen teriak dikala itu, sempat sih teriak teriak karena kesal tapi ya tidak merubah apapun haha..

Untuk kondisi seperti ini demi keselamatan, langkah yang diambil adalah nyalakan lampu darurat dan menepi, berjalan pelan atau nunggu hujan reda.

Service Part AC

Setelah kejadian tersebut, esok harinya kangibra pergi ke bengkel untuk konsultasi dan perbaikan AC. Berdasarkan hasil konsultasi, ada beberapa hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin yaitu diantaranya adalah Freon habis, evavorator kotor atau bocor, kompresor rusak, selang AC bocor dll.

Dan setelah dilakukan pengecekan fisik, ternyata mobil kangibra mengalami masalah pada selang nya, diketahui bahwa selang nya terjadi kebocoran, hal ini ditandai dengan adanya rembesan oli yang keluar dari kebocoran selang tersebut. Kebocoran ini lah yang membuang Freon keluar sehingga menyebabkan AC tidak dingain.

Akhirnya, selang AC yang bermasalah tadi itu diganti, lumayan juga penggantiannya karena selain selang nya juga pastinya Freon harus diganti dan ditambah juga. Selain itu, karena sekalian ke bengkel AC, jadinya ya di vakum juga, di foging juga untuk menghilangkan bakteri-bakteri.

Untuk harga part selang AC nya saja sekitar 350ribuan. Total perbaikan yang dilakukan kangibra tadi itu sekitar 1 jutaan lebih. Lumayan kan..  hehe


Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar