Skip to main content

Menanam Pohon Kelor di Halaman Rumah

Hallo Guys,

Ada peribahasa yang menyebutkan bahwa "Dunia tidak Selebar Daun Kelor", yang dapat diartikan bahwa dunia ini cukuplah besar. Jujur, waktu tahu pribahasa itu aku gak tau macam mana rupa dan bentuk daun kelor itu. Sampai pada akhirnya, beberapa waktu yang lalu sangat ngeBoom tentang daun kelor ini, buming karena katanya daun kelor ini banyak sekali khasiat dan manfaatnya. Ternyata benar, daun kelor ini kecil-kecil ya. :D

Berdasarkan  beberapa referensi diambil dari portal media online liputan6 .com yang dikutip juga dari data WHO yang berhasil ku baca bahwa dalam daun kelor terdapat kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6,mineral, fosfor, Magnesium, serta rendah kalori. Selanjutnya daun kelor ini juga mengandung polifenol memiliki sifat melawan kanker dan dapat mengurangi risiko penyakit lainnya seperti diabetes dan jantung.

Gimana guys, banyak kan manfaatnya? Namun, itu semua adalah hasil penelitain orang lain, kalau ga percaya bisa melakukan penelitian sendiri ya guys hehe.

Nenek moyang kita telah memiliki kearifan lokal sendiri yang berhubungan dengan daun yang satu ini. Entah kenapa ada mitos diajam dahulu, terutama dikampungku dulu kalau ada orang yang memiliki ilmu gaib ada pantangannya, salah satunya daun kelor ini. entah apa hubungannya dengan semua ini, terutama zat - zat yang banyak terkandung didalamnya itu, yang justru menurut kita sangaaaat banyak manfaatnya buat tubuh kita ini.

Selain mitos itu, nenek moyang dan orang-orang jaman dulu juga sudah menggunakan daun kelor ini sebagai bahan makanan, khususnya sayur mayur. Banyak sekali inspirasi olahan untuk daun yang satu ini.

Kebetulan, setelah booming daun kelor ini, aku sendiri ada menanam di rumah. awalnya menanam di pot, namun ternyata pertumbuhan pohon kelor ini yang cukup cepat sehingga pot tersebut sepertinya media nya terlalu kecil. Akhirnya ku pindahin ditanam ke tanah halaman rumah.

Memang sih, aku baru menanam satu pohon kelor ini. Rencananya akan menanam lagi beberapa pohon. Poto pohon kelor diatas itu umurnya sekita kurang lebih 4 bulan. Udah beberapa kali ku potong daunnya dan dimanfaatkan untuk dimasak sebagai sayur bening dan juga pernah dibuat menjadi bakwan daun kelor. hehe

Diluaran sana sudah banyak produk berbahan daasr daun kelor ini, ada yang berbentuk teh, ada yang berbentuk serbut, ada yang berbentuk daun kering. Aku saranin sih, kalau kita ada lahan sedikit mending beli bibitnya, kita tanam deh di halaman rumah, atau kalau halaman ga ada tanah bisa juga koq ditanam di pot. Sehingga kita memiliki stok daun kelor segar yang setiap waktu bisa kita manfaatkan.

Atau rekan-rekan lain memiliki pengalaman sendiri yang berhubungan dengan daun kelor ini? silahkan share yang pengalamannya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar