Skip to main content

Bagaimana Kita Mengahadapi Situasi Pandemi COVID-19? Semoga Kita Sehat Selalu

Diakhir tahun 2019 jagat bumi ini dihebohkan dengan sebuah virus baru yang menjangkit manusia, virus ini berasal dari Wuhan China, yang dinamakan virus corona dan terkahir oleh WHO diberi nama covid-19, dan WHO juga menetapkan covid-19 ini sebagai pandemik. Banyak berita beredar asal mula virus covid-19 dan bagaimana virus ini menjangkit. Banyak teori diluar sana yang tersedia luas di alam jagat online ini. 



Selanjutnya, tinggal pilihan dan kebijakan kita para netizen untuk memilah dan memilih berita ini. Kadang terlalu banyak kite membaca berita covid-19, maka perasaan mungkin akan menjadi was-was dan panik. Perlu sih kita membaca-baca berita dan informasi tentang covid-19 ini, untuk menambah waspada kita atas penyebaran covid-19 ini. 

Banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menghadapi situasi saat ini, jangan sampe kepanikan kita melunturkan kewaspadaan kita:

1. Berfikir Positif
Berdasarkan informasi yang aku dapet, bahwa berfikir positif  dapat membuat kita lebih bahagia, optimis, serta dapat meningkatkan imun tubuh. 

2. Pola Hidup Sehat
Tentunya kita harus lebih aware terhadap badan dan lingkungan kita. Inti dar menjaga kesehatan adalah dengan kita berprilaku hidup sehat. Seperti menjaga kebersihan lingkungan, makan - makanan yang cukup gizi, perbanyak minum air putih, dan jika mampu ditambah suplemen tambahan seperti vitamin C, Vitamin E dll. Selanjutnya olahraga juga sangat penting untuk meningkatkan kebugaran tubuh kita.

3. Cuci Tangan Menggunakan Sabun
Penyebaran virus dapat ditularkan melalui tangan, karena kita tidak tahu diluaran sana habis pegang apa. Jadi sangat disarankan selepas dari aktivitas apapun, khususnya habis berkatifitas dari luar selalu biasakan mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Bagaimana cara mencuci tangan? Banyak koq iklan-iklan di TV atau media lainnya cara mencuci tangan yang baik dan benar bahkan sampe durasi mencuci tanganpun harus diperhatikan. Selanjutnya, jangan kita sembarangan memegang mulut, hidung, mata, atau muka.

4. Memakai Masker
Saat ini banyak sekali anjuran untuk menggunakan masker baik itu dari WHO, maupun pemerintah Indonesia sendiri. Masker ini untuk melindungi droplet kita menyebar, atau kita terpapar droplet dari orang lain. Serta menurut saya sih masker ini sebagai tameng dari tangan nakal kita saat tanpa sadar ingin memegang area wajah kita. Anjuran memakai masker ini baik bagi yang sakit maupun yang sehat sekalipun.

5. Physical/Social Distancing 
Selalu jaga jarak aman kita dengan orang lain disekitar kita. Jagalah jarak aman sesuai rekomendasi minimal 1.5 meter. Hindari kerumunan, dan usahakan untuk tidak melaksanakan kegiatan dengan melibatkan banyak orang secara berkerumun.

6. Memakai Hand Sanitizer
Memakai hand sanitizer juga penting dilakukan jika kita sedang bepergian, tidak berada di rumah serta jauh dari fasilitas mencuci tangan dan sabun. Namun untuk mencuci tangan ini jika kita dekat dengan fasilitas air mengalir dan sabun, khsusunya sedang dirumah sangat disarankan mencuci tangan dengan sabun tersebut.

7. Stay at Home
Tagar diamdirumah manjadi tren di media sosial. Banyak diantara kantor dan tempat kerja menerapkan sistem kerja di rumah atau dikenal dengan sebutan WFH (work from Home). Selain para pekerja dan karyawan, juga anak-anak sekolah seta kuliah menerapkan belajara/ sekolah dari rumah (SFH), dan kuliah online. Bagi kita yang kena kebijakan WFH / SFH, ikutilah perintah tersebut untuk tetap dirumah saja. Tidak pergi kemana - mana selain memang ada keperluan yang sangat urgent semisal membeli kebutuhan pokok. Tapi kalau untuk liburan, no way.
Namun, bagi teman-teman lain yang memang tempat kerja nya tidak menerapkan sistem WFH, lindungilah dan ikuti prosedur-prosedur yang ditentukan seperti salah satunya yang telah disebutkan diatas.

8. Ikuti Petunjuk Pemerintah
Pemerintah pastinya akan melakukan yang terbaik untuk warga negaranya. Maka ikutilah rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu karena merupakan untuk kebaikan kita bersama.

Mari kita bersama-sama berjuang untuk melawan wabah pandemik ini. Semoga kita semua diberikan keselamatan dan kesehatan dan mampu menghadapi ini semua. Semoga wabah ini cepat berlalu. Mari kita lawan bersama, dengan melakukan apa yang bisa kita lakukan.







Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar