Lumpia Boom, Makanan Khas Purwokerto yang Membuat Lidah Bergoyang

Suatu ketika terlintas dalam ingatan tentang sebuah makanan yang membuat kangen lidah. Namun selain bikin kangen lidah, makanan ini juga bikin kangen daerah asal dari makanan ini, yaitu kota Purwokerto. Kalian tahu kira-kira makanan apa yang dimaksud?


Yaa, betul sekali. Lumpia Boom makanan yang ku maksud. Lumpia Boom khas Purwokerto ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bentuknya yang besar sehingga bikin yang makan makanan ini akan merasa kenyang walaupun cuman makan satu biji saja (iya donk, makan nya kan sama nasi juga, hehe).

Jika kalian berkunjung ke daerah wong ngapak ini, jangan lupa untuk mencari makanan khas ini ya guys, kalo nggak rugi lhoo. Sekedar info, bahwa dulu saya makan lumpia ini didaerah sekitar kampus salah satu perguruan tinggi negeri di kota ini (Unsoed). Makanan ini memang menjadi pavorit mahasiswa-mahasiswa disana. Teringat dulu, untuk memesan makanan ini cukup ngantri juga, karena memang pelanggan dari warung makan lumpia boom ini cukup ramai.

Nah, untuk mnegurangi rasa kangen saya terhadap makanan ini. Saya coba iseng-iseng untuk searching di google, ternyata dengan hanya melihat hasil searching di google tidak cukup untuk mengurangi rasa kangen ini. Hmm ambil inisiatif lah coba buka youtube untuk melihat resep cara membuat lumpia boom khas purwokerto ini.

Ternyata bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, dengan sedikit jiwa "tukang masak" yang saya miliki, mulailah saya mencari bahan-bahannya di pasar terdekat. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit didapat, mungkin sebagian besar bahannya bahkan sudah ada dirumah kita. Adapun bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

1. Kulit lumpia
Ini bahan utama. kalau tidak ada kulit lumpia ini, lumpia boom gak akan bisa dibuat donk. Untuk mecari kulit lumpia ini pun sebenarnya tidak susah, banyak koq warung-warung dipasar yang menjual kulit lumpia ini dengan harga kisaran 1000 - 1500 rupiah per 10 lembar. Kalau pun kalian bisa membuatnya silahkan saja, tapi saya lihat ditutorial youtube lumayan ribet, mending beli aja ah.

2. Telur
Telur juga menjadi bahan yang sangat diperlukan dalam pembuatan lumpia boom ini. Krena memang lumpia boom ini tidak bisa lepas dari telor.

3. Sayuran
Sayuran yang dipakai dalam pembuatan lumpia boom ini cukup beragam, seperti buncis, wortel, dan bawang daun.

4. Bumbu-bumbu.
Bumbu yang biasanya sangat diperlukan dalam pembuatan lumpia boom ini adalah bawang merah, bawang putih, garam dan gula secukupnya, serta penyedap rasa bisa rasa ayam atau rasa sapi.

5. Daging ayam/ ati ampela/ bakso
Nah ini adalah sedikit tambahan untuk lauknya, dan ini saya rasa sangat penting karena tanpa bahan ini maka lumia tidak ada isi khas nya, biasanya memang lumpia boom yang dijual ini ada variasi isinya seperti isi ayam, isi ati ampela, atau isi bakso. Nah untuk isi ini kalian bisa menyesuaikan, dan begitupun jika kalian beli di warung makan jika ke purwokerto, kalian akan disuguhkan dengan macam pilihan isi.

Selanjutnya adalah proses pembuatan, untuk proses pembuatannya tidak akan dituliskan dalam tulisan blog ni, karena terlalu panjaaaaang hehe. Yang jelas dalam isi lumpia ini sudah menyehatkan kalau dilihat dari bahan-bahan pembuatannya. Untuk cara pembuatannya silahkan searching sendiri ya.

Btw, untuk makanan favorit kalian waktu kuliah apa? Boleh ya share - share di comment. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.