Ternyata Ini Penyebab Bunyi di Kaki – Kaki Mobil Nissan Grand Livina


Pernah ngalamin ga kendaraan teman – teman sekalian kaki – kaki nya ada gejala – gejala yang tidak beres seperti biasanya? Ini kejadian yang aku alami, beberapa waktu lalu terdengar suara aneh pada mobil kesayanganku, Nissan Grand Livina. Sebelumnya, mobilku ini dibawa dilakukan perawatan dibawa kebengkel untuk benerin kaki – kaki dan ada beberapa part yang diganti.

Selesai, satu masalah bahwa memang bawaan umur part tersebut sudah waktunya diganti. Memang mungkin sudah waktunya, setelah servis kaki – kaki tersebut, beberapa waktu kemudian bagian lain pun nagih untuk dirawat, hehe.

Awal mula ketahuan masalahnya adalah ketika mobil ku tersebut dibawa dijalan yang agak kurang rata, melewati lobang – lobang dan polisi tidur. Nah,, terdengarlah bunyi “duk duk duk” dibawah kolong bagian depan. Awalnya kubiarin saja itu bunyi, siapa tau kalau cape dia hilang sendiri. Ternyata setelah dipakai beberapa waktu, itu bunyi tidak kunjung hilang juga. Lama kelamaan agak mengganggu juga itu bunyi. Bikin tidak nyaman.

Akhirnya, ku bawa mobil kesayanganku bengkel langganan spesialis Nissan di daerah Parung (recomended deh..). Sebelum dibawa kebengkel, aku melakukan konsultasi dulu via online (WA) dan menampaikan keluhannya. Dari pihak bengkel memprediksikan kira- kira masalahnya dimana. Namun, beliau menyarankan untuk dicek langsung ke bengkel guna memastikan kerusakannya ada dimana.

Pada hari yang ditentukan, akhirnya si Grand Livina ku bawa ke bengkel. Untuk menghindari antrian di bengkel, ku niatkan datang paling pagi. Benar saja, sebelum aku sudah sampai tujuan sebelum bengkel buka. Haha..

Singkat cerita, dicek lah mobil ku ini dengan teknisi dibengkel, digoyang – goyang body mobilnya guna mngecek keberadaan bunyi bunyian tersebut. Lalu diambil kesimpulan sumber kerusakannya, dan dibongkar lah kaki – kaki bagian depan. Lalu sang teknisi menjelaskan kepada saya apa yang harus diganti, dan yang harus diganti adalah Bushing Karet Stabil. Bushing karet stabil ini yang menopang dan mesntabilkan antara kaki – kaki ban, dan setir.

Seperti ini lah penampakannya kare – karet yang diganti tersebut.



Terdapat 2 buah karet yang diganti, tidak begitu mahal koq dengan dua karet dan ongkos pasang membutuhkan biaya sekitar 300rb an saja.

Karena ketika dicek oleh teknisi, bahwa shockbreaker belakang mobilku itu juga sudah rusak dan cenderung parah. Maka dengan keputusan mendadak, akhirnya kedua shock belakang pun ikut – ikutan di ganti juga. Biar sekalian lah.. hehe..

Setelah selesai, lalu mobil dibawa pulang dan wusss.. Suara berisik duk duk duk itupun sudah tidak ada lagi, bonus shock belakang menjadi empuk kembali.

Jadi untuk mengatasi bunyi di kaki - kaki depan dan penggantian paket shock belakang adalah part - part ini ;
- Bushing stabil
- Cross member
- Shock belakang
- Seat spring RR LWR (ini tulisan di notanya, ga tau maksudnya apa.. hehe)
- Seat spring RR UPR

Demikian kawan – kawan ceritaku saat menangani keluhan bunyi berisik di kaki – kaki, mungkin kawan  - kawan memiliki cerita lain silahkan bisa di share ya. Terima kasih.


No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.