Produk - Produk di Sekitar Kita ini, Berbahankan Minyak Sawit lhoo..


Indonesia merupakan salah satu penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Dengan luasan kebun sawit yang begitu besar tersebar di beberapa pulau di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Papua, dan lainnya. Banyak petani yang sangat menggantungkan hidupnya dari perkebunan kelapa sawit ini.

Selain budidaya sawit yang dilakukan masyarakat (smallholder) juga budidaya ini juga dilakukan oleh pihak perusahaan, baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan pemerintah. Tidak sedikit juga perusahaan – perusahaan ini mengelola perkebunan kelapa sawit di atas tanah negara. Tentunya untuk menggarap lahan negara ini perusahaan harus memiliki ijin – ijin operasional seperti ijin lahan (HGU) maupun ijin usaha perkebunannya (IUP).

Namun, tahukan teman – teman bahwa banyak sekali produk – produk disekitar kita adalah berbahankan dari minyak kelapa sawit?

Minyak kelapa sawit memiliki karakteristik yang lembut, mudah diaplikasikan, tidak berbau dan tidak berasa, serta bebas dari minyak trans.

Marilah kita rinci satu per satu produk apa saja di sekitar kita dengan bahan campuran minyak kelapa sawit (kalau kurang tambahin ya..).

1. Minyak goreng
Banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran dan supermarket atau minimarket dengan berbagai merek merupakan minyak yang berbahan dasar kelapa sawit. Memang ada juga minyak goreng yang berbahan dasar kelapa, namun setahu saya kebanyakan produk minyak goreng yang beredar sekarang adalah berbahan dasar kelapa sawit.

2. Cokelat
Minyak kelapa sawit menjadi bahan campuran dalam pembuatan produk cokelat atau selai cokelat. Karena karakteristik minyak kelapa sawit ini yang lembut sehingga sangat cocok sebagai bahan campuran produk ini.

3. Lipstik
Sama seperti halnya cokelat, lipstik juga ternyata dalam proses pembuatannya terdapat menggunakan kelapa sawit. Tahukan alasannya kenapa menggunakan lipstik bibir menjadi mengkilat? hehe

4. Margarin/ mentega
Sama halnya seperti minyak goreng, margarine dan mentega ini juga berbahan dasar dari minyak sawit. Sehingga margarine / mentega ini mudah untuk dioles terutama jika di gunakan sebagai selai.

5. Sabun
Sabun menjaga tubuh kita khususnya bagian kulit menjadi terawat. Tahukan kalian bahwa sabun memiliki bahan campuran dari minyak sawit juga?

6. Sampo
Sama seperti halnya sabun, shampo menjaga rambut kita tetap sehat dan lembab. Nah, shampoo juga ternyata berbahankan dari minyak sawit.

7. Biodiesel
Biodiesel ini adalah bahan bakar dengan menggunakan bahan dari nabati seperti minyak sawit, minyak jarak pagar dll. Namun tidak sedikit juga minyak sawit ini diolah menjadi biodiesel atau sebagai bahan campuran antara diesel fosil dengan bahan nabati. Hasil dari pembakaran biodiesel ini diklaim lebih ramah lingkungan.

8. Mie instan
Semua orang pasti tahu yang namanya mie instan, ini merupakan makanan favorit bagi sebagian besar orang khususnya di Indonesia. Mie instan ini juga salah satu bahan pendukungnya adalah dari minyak sawit juga, yang doyan dengan mie instan ini pasti ga akan merasa asing lagi. Hehe

Demikian lah beberapa uraian singkat yang saya ketahui tentang produk dengan bahan minyak sawit. Jika ada teman – teman yang memiliki informasi lebih silahkan jangan ragu untuk membagikannya kepada kita.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.