Tren Menanam Sayuran dan Buah-Buahan di Dalam Pot, Bisa Dijadikan Tanaman Hias Juga Lho!!

Pekarangan yang hijau akan terlihat segar dipandang mata, selain segar dipandang udara yang dihasilkan dari tanaman hijau juga akan sangat segar dan sejuk. Coba bayangkan.. Kita memilliki halaman rumah, dibeberapa sudut halaman rumah kita ditumbuhi tanaman-tanaman yang hijau yang tentunya kita rawat, ada tanaman buah-buahan, ada tanaman bunga, sayuran, rumput yang menghampar ditanah seperti karpet. Dipagi hari ada burung-burung hinggap diantara bunga dan dedaunan, kupu-kupu hinggap dibunga, dan buah mangga pun sedang ranum-ranumnya. Bagaimana terbayang kan?? :D

Tren yang cukup menarik untuk disimak bahkan diikuti kita adalah bagaimana tanaman sayuran ditanam, dan berfungsi sebagai tanaman hias. Tahu kan kamu tanaman cabai? pastinya tahu donk, apalagi bagi kamu yang suka dengan makanan yang pedas gak  maknyuss bila gak makan cabai.

Ada berapa jenis cabai? ayo kita sebutkan satu-persatu, ada cabai keriting, cabai rawit, cabai merah, cabai hijau. Ada juga kita kenal sebagai cabai hias, cabai hiaspun beragam jenis dan bentuknya ada cabai pelangi (disebut cabai pelangi karena warna cabai dalam satu pohon bisa bermacam-macam), ada cabai hitam, cabai mini, cabai kuning dan jenis cabai lainnya.

Dan hebatnya cabai hias yang warna dan bentuknya macam-macam ini juga bisa dikonsumsi layaknya cabai biasa. Cabai hias juga memilliki tingkat kepedasan yang berbeda-beda, dari mulai yang sangat pedas sekali hingga yang tingkat pedasnya sangat rendah. Tingkat kepedasan cabai ini biasa disebut SHU atau Scoville.

Cabai pelangi

Untuk benih dari berbagai jenis cabai hias ini sangat banyak bisa kita temukan seperti ditoko pertanian, bahkan banyak toko online yang menjual berbagai jenis benih cabe hias ini. Dengan menanam tanaman cabe hias ini rumah kita akan terlihat lebih indah, sejuk, dan segar, selain itu juga hasilnya kita bisa manfaatkan untuk keperluan dapur kita.

cabai mini
Cara menanamnya pun tidak sulit, seperti halnya menanam cabai biasa. Benih yang sudah kita dapatkan kemudian disemai, setelah itu bibit yang hasil semaian dipindahkan kedalam pot atau polybag. Lakukan penyiraman seperlunya, karena tanaman cabai ini harus memerlukan cukuk air namun jangan terlelu banyak/becek. Selain itu lakukan pemupukan sesuai dengan anjuran. Perlu diingat juga bahwa tanaman ini merupakan tanaman dengan tipe memerlukan sinar matahari sepanjang hari untuk proses pertumbuhan dan fotosintesisnya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba menanamnya di rumah sendiri? Ayo kita hijaukan rumah kita.. Jangan lupa Like and Share ya.. Semoga bermanfaat..

Salam Go Green!!


Sumber gambar: cabehias.com


No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.