Beberapa Tanaman Sayuran yang Bisa Kita Tanam Sendiri di Rumah

Sayuran merupakan salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh. Karena dalam sayuran tersebut terdapat kandungan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sayuran sangat mudah didapatkan, kita bisa membelinya dari pasar tradisional hingga supermarket.


Sebenarnya kita bisa menyediakan dan menghasilkan beberapa sayuran dirumah dengan cara menanamnya sendiri. Penanaman sayuran ini relatif cukup mudah dan tidak memerlukan tempat yang luas cukup dengan menggunakan polybag maupun pot. Kita bisa memproduksi sayuran setidaknya untuk kebutuhan kita sendiri.

Berikut beberapa jenis sayuran yang bisa kita tanam sendiri di rumah, diantaranya adalah:

1. Tomat
Tomat merupakan buah yang umum dijumpai dalam berbagai olahan sayuran, seperti sayur sop, sambel tomat dan masakan lainya. Sayuran ini sangat mudah dibudidayakan di rumah dalam pot maupun polybag. Bibit yang dibutuhkan bisa kita ambil dari tomat yang kita beli dari pasar, atau jika kita ingin memperoleh kualitas tomat yang terjamin kita bisa membeli bibit tomat yang biasanya tersedia di toko-toko pertanian.

2. Cabai
Cabai terdiri dari beberapa jenis yaitu cabe rawit, cabe merah, dan cabe kriting. Ketiga jenis cabai ini merupakan pelengkap dari berbagai masakan khususnya bagi pecinta masakan yang pedas. Bahkan ada daerah tertentu yang setiap masakannya mewajibkan harus adanya cabai.

Menanam cabai ini cukup gampang, biji cabai yang telah kita keluarkan taburkan diatas tanah kemudian tutup dengan bagian tanah yang lain hingga terbenam, setelah itu cabai tadi akan berkecambah. Bisa juga kita mengkecambahkan biji cabai terlebih dahulu didalam kapas yang lembab, kapas tersebut dijaga agar tetap lembab, setelah berkecambah benih tersebut bisa kita pindahkan ke dalam pot atau polybag.

3. Sawi
Untuk menanam sawi bisa kita dapatkan bibitnya dari toko-toko pertanian, untuk menanam sawi ini cukup mudah tinggal kita taburkan saja bijinya tersebut, tunggu hingga bibit sawit tersebut tumbuh. Untuk memanen sawi yang telah kita tanam tidak membutuhkan waktu lama.

4. Sledri
Sledri merupakan jenis sayuran daun yang biasanya dijadikan pelengkap pada sayuran sop, aromanya yang khas dan menyegarkan menambah citarasa tersendiri. Untuk menanam sledri ini cukup mudah, kita bisa membeli sledri dipasar utnuk ditanam kembali dirumah dalam pot maupun polybag. Namun sledri yang dibeli harus yang masih memiliki akar yang mana akar tesebut berfungsi sebagai penyerap hara dan mineral dari tanah.

5. Bawang Daun

Bawang daun ini biasa digunakan dalam berbagai masakan sayuran. Sama halnya seperti sledri bawang daun ini jenis sayuran daun yang kita bisa tanam dalam pot maupun polybag. Bawang daun yang akan kita tanam harus satu tangkai utuh dan masih memiliki akar. Setelah tumbuh biasanya nantinya akan tumbuh tunas-tunas baru sehingga akan membentuk rumpun yang banyak. 



Sumber Gambar: http://www.petanihebat.com/2015/06/cara-bertanam-sayuran-dalam-polibeg.html

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.