Manfaat dan Khasiat Buah Cecendet "Ciplukan"

Buah cecendet atau orang sering juga menyebutnya buah ciplukan merupakan buah-buahan yang berasal dari sebuah tanaman perdu yang biasanya tumbuh liar seperti rumput. Nama ilmiah atau nama latin dari tanaman ini adalah Physalis angulata L. Tanaman Cecendet ini berasal dari daerah Tropis Amerika latin.

Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja mulai di kebun, pekarangan bahkan tidak ditanampun tanaman ini dapat tumbuh sendirinya dengan liar. Mungkin waktu kecil kita sangat familiar sekali dengan buah yang satu ini. 

Tanaman yang memiliki buah yang dibungkus oleh cangkang dan memiliki rasa yang manis jika sudah matang ternyata memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan dalam tanaman dan buah Cecendet ini mengandung senyawa kimia seperti asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxanin, vitamin C dan gula.

Dalam dunia pengobatan tradisional tanaman ini sudah dikenal sebagai tanaman obat yang cukup penting. Bagian yang dapat dijadikan obat seperti bagian akar, daun, dan buah. Tanaman ini tidak mengandung racun sehingga kita bisa mengkonsumsinya tanpa khawatir efek sampingnya.

Berikut adalah beberapa khasiat dari Cecendet yang sudah umum diketahui dan cara pemakaiannya.

1. Sebagai Obat Diabetes Melitus
Tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Adapun cara penyajiannya adalah dengan menggunakan tanamannya kemudian dicabut (tanaman yang sudah berbuah) beserta akarnya dan dibersihkan. Tanaman tersebut dilayukan untuk kemudian dilakukan perebusan dengan menggunakan tiga gelas air hingga mendidih sampai tersisa satu gelas saja, kemudian lakukan penyaringan, dan diminum satu kali sehari.

2. Sebagai Obat Influenza dan Sakit Tenggorokan
Tanaman Cecendet dikenal sebagai tanaman obat untuk mengobati penyakit flu dan sakit tenggorokan. Cara penyajiannya adalah dengan mengeringkan semua bagian tanaman cecendet yang telah dipotong-potong ukuran 3-4 cm dengan cari dijemur. Setelah kering kemudian ambil kurang lebih sebanyak 9-15 gram lalu direbus, kemudian airnya diminum sebanya 3 kali sehari.

3. Sebagai Obat Sakit Paru-paru
Untuk menggunakan tanaman cecendet ini sebagai obat paru-paru caranya hampir sama dengan cara penyajian pada cara pengobatan diabetes. Tumbuhan cecendet direbus dengan 3-5 gelas air sampai mendidih lalu disaring kemudian diminum 3 kali sehari satu gelas.

4. Sebagai Obat untuk Mengobati Borok
Adapun cara penyajian untuk pengobatan penyakit borok dengan menggunakan cecendet adalah st genggam cecendet ditambah dengan 2 sendok air kapur sirih lalu tumbuk sampai halus. Hasil dari tumbukan tersebut kemudian tempelkan pada bagian kulit yang borok.

5. Mengobati Penyakit Ayan
Cara untuk mengobati penyakit ayan yaitu dengan buah cecendet. Konsumsilah sekitar 10 butir setiap hari buah cecendet yang telah masak secara rutin..

Selain itu, yang paling penting adalah jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar diberikan kesembuhan pada penyakit yang didertita. 

Sumber: berbagai sumber
Sumber gambar: obatbrokhitiskronis.web.id


3 comments

  1. ada template toko online buat blogger yang keren gan, banyak fitur + designnya keren responsive. cek dimari deh http://go.themelate.com/link/blogshop

    ReplyDelete
  2. Obat Ayan Anak dan Dewasa Paling Ampuh produk herbal varian terbaru yang diciptakan untuk menghasilkan produk herbal berkualitas tinggi dengan khasiat yang lebih lengkap dan secara efektif membantu penyembuhan berbagai penyakit salah satunya adalah sebagai obat ayan.

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.