6 Langkah Memulai Bisnis Online

Dunia online saat ini begitu sangat pesat perkembangannya. Tidak bisa kita pungkiri kita tidak bisa lepas dari dunia maya tersebut, bahkan bagi sebagian orang hampir separuh waktunya dihabiskan dengan kehidupan maya nya.

Perkembangan dunia online ini diperkuat oleh semakin maraknya gadget terbaru seperti smartphone, tablet, notebook, dan netbook. Gadget yang semakin canggih dengan spesifiksi yang tinggi serta dengan harga terjangkau. Jaringan telekomunikasi pun semakin tak mau ketinggalan, mereka berlomba memperbaiki akses dan pelayanan kepada penggunanya. 

Perkembangan dunia online yang semakin pesat ini tentunya membawa efek atau pengaruh pada kehidupan manusia. Efek tersebut bisa bersifat negatif jika kita tidak bisa menyikapinya dengan baik, namun tidak sedikit juga memanfaatkan kecanggihan teknologi online saat ini untuk hal-hal positif. 

Diantara manfaat positif perkembangan ini adalah banyaknya penjual-penjual online yang bermunculan yang menawarkan beragam macam barang maupun jasa. Selama hal tersebut bersifat positif, maka bisa kita contoh menggunakan media online untuk menjajakan produk maupun jasa kita ke dunia maya.

Ada beberapa langkah untuk memulai Bisnis Online kita. diantaranya adalah:

1. Mempunyai Niat
Tentunya hal pertama yang harus kita miliki adalah niat. Niat yang kuat merupakan modal awal bagi kita untuk memulai sesuatu, termasuk untuk memulai bisnis online kita. Niat kita ini haruus dibarengi dengan usaha dan action, karena akan percuma juga jika kita mempunyai niat yang menggebu namun tidak ada action yang diambil. So,,, setelah ada niat kita lanjutkan dengan action!! 

2. Memiliki Barang yang Akan Dijual 
Produk dan jasa ini lah yang akan kita jajakan kepada konsumen kita. Kita bisa tentukan produk atau jasa apakah yang akan kita jual kepada khalayak online. Jika kita tidak memiliki produk atau jasa sendiri, kita bisa mencoba dengan menjajakan produk milik orang lain dan kita membantu untuk menawarkannya kepada orang lain dengan mengambil keuntungan dari barang yang kita jual tersebut. Sistem ini biasa disebut sebagai reseller atau dropship

3. Memiliki dan Aktif di Media Sosial
Media sosial merupakan sarana utama kita dalam berbisnis online ini. Jika kita terbiasa aktif di media sosial kita bisa menawarkan barang maupun jasa kita di media ini. Potensi konsumen merupakan teman atau follower dari media sosial kita. Disarankan bagi yang ingin menekuni bisnis onine ini mau tidak mau kita harus aktif di media sosial dan memiliki jumlah teman atau follower dalam jumlah yang banyak. Banyak media sosial yang berkembang saat ini yang bisa kita manfaatkan untuk berbisnis online seperti Blog, facebook, twitter, instagram, BBM, Whatsapp, Line, dan masih banyak lagi media sosial yang bisa kita manfaatkan.

4. Fokus
Setelah kita memulai bisnis online ini, mungkin pada awal kita terjun tidak banyak yang merespon tawaran kita. Namun, disini kita harus tetap fokus menjalani bisnis yang kita mulain tersebut. Teruslah untuk menawarkan produk kita yang tentunya dalam menawarkan produk tersebut dengan cara yang baik, sopan, dan santun. Dengan fokus kita dalam menjalankan bisnis ini maka lambat laun konsumen akan datang dengan sendirinya.

5. Konsisten
Selain fokus dalam menjalankan bisnis, tentunya kita harus tetap konsisten dalam menjalankan bisnis yang kita lakukan. Jangan menyerah jika konsumen belum datang, teruslah berusaha secara konsisten dengan menawarkan produk kita secara online.

6. Do'a
Setelah semua usaha sudah kita coba, tentunya kita juga sebagai umat yang beragama harus memohon pada Yang Kuasa untuk melancarkan apa yang sudah kita jalankan. Semoga yang Maha Kuasa meridhoi dan memberikan jalan terbaik serta membukakan pintu rizki kita. Amin.

Demikian sedikit ulasan mengenai 6 langkah memulai bisnis online. Semoga bermanfaat. :)

2 comments

  1. untuk point nomor 2 saya sangat setuju sekali, pengalaman sya selama 3 tahun jualan dengan cara menjadi reseller cukup bagus. Kemudian bertahap menjadi stok barang sendiri. Terdengar menyenangkan ketika sudah jalan usahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih mas telah berbagi ceritanya juga.. semoga bisa menjadi inspirasi..
      :)

      Delete

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.