Makanan dan Oleh-oleh Unik Khas Bogor yang Perlu Dicoba

Pada beberapa waktu lalu saya telah menulis artikel tentang tempat wisata Pura Jagatkarsa yang berlokasi di Ciapus, Bogor. Kali ini saya akan berbagi artikel kembali masih dengan tema kota Bogor. Bukan mengenai puncak Bogor, Taman Safari atau tempat wisata lainnya melainkan disini saya akan menuliskan informasi mengenai kuliner khas kota Bogor yang mungkin sulit ditemukan di kota lain.

Kota Bogor merupakan kota dengan tingkat kedatangan wisata yang sangat tinggi. Karena kota Bogor ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan untuk berkunjung dan berlibur. Jika mampir ke kota ini jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner khas kota Bogor.

Berikut adalah beberapa kuliner dan oleh-oleh khas kota Bogor yang wajib anda cicipi dan anda bawa:

1. Doclang. Doclang ini merupakan makanan khas Bogor yang berisi kupat, tahu, kentang yang dicampur dengan bumbu kacang. Rasanya yang khas dan unik menambah cita rasa bagi penikmatnya.

2. Soto Bogor. Ada 2 jenis soto Bogor yang terkenal yang keduanya memiliki rasa yang khas dan perlu dicoba. Jenis pertama, yaitu soto Bogor yang berisi paru, babat, lidah, dan jeroan yang berwarna kuning karena direbus dengan kuah kuning. Jenis kedua, yaitu soto mie bogor yang tidak menggunakan santan. Soto ini berisi mie, potongan risol, irisan kol, tomat, dan daging sapi.

3. Toge Goreng. Sesuai dengan namanya toge goreng ini berbahan utama dari toge, toge merupakan kecambah dari kacang-kacangan khususnya kacang hijau. Toge ini sangat baik untuk kesehatan terutama perawatan tubuh karena dalam toge ini kaya dengan kandungan vitamin E. Dalam hal ini makanan toge goreng khas bogor merupakan toge yang di rebus dacampur dengan bumbu sambel tauco. Memang unik makanan toge goreng ini, sederhana namun mempunyai rasa yang khas.

4. Laksa Bogor. Makanan laksa ini salah satu makanan khas bogor yang unik dan rasanya enak. bahan baku makanan ini adalah bihun, lontong, kemangi, yang kemudian dicampur dengan kuah. Yang unik dari laksa ini adalah kuahnya, kuah laksa ini merupakan campuran dari oncom yang telah diolah.

5. Sop Duren Lodaya. Sop durian ini merupakan minuman berbahan baku dari durian, durian racikan khas dengan resep rahasia emnghasilkan rasa yang nikmat. Terdapat berbagai macam pilihan di sop duren lodaya ini yaitu rasa original, campuran buah, campuran keju dll.

6. Sop buntut Ma' Emun. Sop buntut Ma' Emun ini sangat terkenal dengan rasanya yang khas dan enak. Sehingga pengunjung rela untuk mengantri demi mencicipi sop buntut Ma' Emun ini. Perlu usaha yang ektra untuk mendapatkan sop buntut ini dikarenakan kita harus mengantri dan terkadang kita akan kehabisan jika datang terlalu siang.

7. Roti Unyil: Roti unyil ini merupakan oleh-oleh khas Bogor yang harus anda cicipi. Roti inin bentuknya sangat unik berbentuk kecil-kecil dan terdapat bermacam-macam rasa.

8. Asinan Bogor. Ada dua macam oleh-oleh asinan khas bogor ini yaitu sayuran dan buah-buahan. Asinan ini merupakan oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke kota Bogor ini.

9. Bolu Lapis Talas Bogor. Oleh-oleh bolu lapis talas bogor ini sangat terkenal, untuk mendapatkan kue bolu ini kita harus mengantri untuk mendapatkannya. Namun sekarang sudah banyak beredar jenis dan cabang bolu lapis talas ini. Sesuai dengan namanya bahan baku dari kue bolu ini yaitu dari talas, masyarakat bogor yang kreatif memanfaatkan sumber daya yang melimpah yaitu talas bogor yang khas diolah menjadi berbagai jenis makanan diataranya yaitu dibuat kue lapis talas bogor.

10. Talas Bogor: Talas bogor merupakan ciri khas kota bogor berbentuk besar. Talas ini juga biasa dicari sebagai oleh-oleh khas bogor. Namun kita bisa membawanya dalam keadaan mentah sehingga bisa kita olah sesuai dengan keinginan kita.

11. Makaroni Panggang. Makaroni panggan ini merupakan icon kuliner Bogor modern. Sesuai dengan namanya proses pembuatan makaroni ini yaitu dengan cara dipanggang. 

Demikian sedikit ulasan tentang makanan kuliner dan oleh-oleh khas kota Bogor. Sebenarnya masih banyak kuliner dan oleh-oleh khas Bogor yang banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Semoga sedikit ulasan ini bisa bermanfaat terutama bagi anda yang mencari referensi tentang kuliner dan oleh-oleh khas Bogor.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.