Menapaki Jejak Keindahan Pura Parahyangan Agung Jagatkarsa di Bogor

Bogor merupakan kota yang dikenal sebagai kota hujan. Selain Bogor dikenal sebagai kota hujan, bogor ini juga dikenal sebagai kota wisata alam seperti Puncak dan Taman Safari. Namun ternyata di Bogor juga menghadirkan keindahan alam lainnya, yaitu Pura Parahyangan Agung Jagatkarsa.

Pura yang merupakan tempat ibadah umat Hindu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Bogor dan sekitarnya. Bahkan banyak diantara pengunjung pura yang berasal dari luar kota Bogor yang penasaran dengan keindahan Pura tersebut. Bangunan Pura begitu megah dan indah ini berada di kaki gunung Salak dengan panorama alam yang mempesona, suasana yang sejuk dan dingin menjadi pelengkap ketika kita berkunjung kesini. 

Dari kejauhan wewangian khas dupa semerbak akan tercium, ini memandakan bangunan Pura sudah berada di depan mata. Ketika sampai lokasi Pura, sudah banyak pengunjung yang telah berada disana. Warga yang berkunjung merupakan umat Hindu yang akan dan sedang melakukan peribadatan serta warga lainnya yang ingin menikmati keindahan Pura dan alam sekitarnya sebagai wisatawan. 

Masyarakat yang berkunjung diharuskan mengikatkan sehelai kain dibagian pinggang serta membuka sandal dan sepatu jika ingin masuk kebagian teras dan bangunannya. Namun untuk saat ini di Pura tersebut diberi batasan bagi pengunjung wisatawan dan tidak diperkenankan masuk kedalam bangunan Pura, kita hanya bisa memandang Pura dihalamannya. Hal ini bertujuan untuk menghormati agar tidak mengganggu umat Hindu yang sedang beribadah.

Lokasi Pura ini berada di Kampung Warung Loak, Ds. Taman Sari, Ciapus, Bogor sekitar 15 Km dari pusat kota Bogor. Untuk meunju ke lokasi Pura tidak begitu sulit, kita tinggal mengarahkan kendaraan menuju daerah Ciapus dan petunjuk jalan juga cukup jelas. Jika sudah berada disekitar Ciapus terdapat papan petunjuk untuk menuju lokasi Pura. Atau jika menggunakan kendaraan umum kita bisa naik dengan menggunakan angot jurusan Ciapus, tapi harus dipastika juga kepada sopir angkotnya apakah rutenya melewati Pura atau tidak.

Demikian seputar ulasan perjalanan ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarsa di Bogor semoga bisa menjadi bahan referensi teman-teman traveler yang ingin berliburan.


No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.