Lembah Harau: Pesona Alam Tebing Vertikal


Indonesia merupakan negara yang sangat luas tersebar dari Sabang sampai Meuroke. Banyak sekali keindahan-keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Mulai dari keindahan wisata budaya, wisata alam, peninggalan-peninggalan sejarah dan masih banyak lagi.


Salah satu tempat yang baru saja penulis kunjungi adalah
Lembah Harau. Lembah Harau berada di sebuah kota Provinsi Sumatera Barat, Payakumbuh. Lembah Harau menawarkan keindahan pesona alam yang sangat menakjubkan. Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Lembah Harau merupakan tempat wisata alam dimana terdapat dinding yang menjulang tinggi penyangga perbukitan yang sangat luar biasa menakjubkan bagi saya. Didalamnya terdapat air terjun yang mengalir dari atas bukit yang tinggi tersebut sehingga menimbulkan ketakjuban lainnya. Dibawah air terjun tersebut kita bisa bermain-main dengan air bahkan berenang dikolam renang alami dengan bebatuan sebagai dasarnya. Air alami yang jernih dan dingin akan menyegarkan mata dan tubuh kita.

Tidak hanya air terjun, disini juga terdapat areal perkemahan yang cukup luas. Sangat cocok bagi pelajar sekolah untuk berkemping disini. Untuk masyarakat umumpun yang ingin refreshing dan menghabiskan malam disebuah alam yang alami bisa berkemping ria disini. Disini juga pengelolan menawarkan pengalaman lain, yaitu kita bisa menyewa sebuah sampan yang bisa kita naiki dan  dayung sendiri mengelilingi rute yang telah disediakan.

Disekitar Lembah Harau juga masyarakat menyediakan Homestay bagi traveler yang ingin menginap disini. Cukup menarik karena kita bisa memilih homestay dengan background pemandangan alam yang menakjubkan yaitu dinding tebing yang menjulang tinggi berada dihadapan mata kita.

Untuk mencapai ke kota tersebut penulis memulai perjalanan dari kota Pekanbaru, karena kebetulan saat ini penullis sedang berdomisili di Kota Pekanbaru. Waktu tempuh Pekanbaru ke Payakumbuh sekitar 3-4 jam dengan jarak sekitar 189 km. Sebelum mencapai kota Payakumbuh, kita akan melewati beberapa kota terlebih dahulu. Seperti kota Bangkinang dan Koto 50.

Sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Terpampang dikanan kiri jalan pemandangan alam nan asri berupa bukit dengan pepohonan hutan yang masih alami (Bukit Barisan). Satu hal yang sangat menarik adalah kita akan melewati kelokan yang sangat penomena yang disebut sebagai "kelok sembilan". Kelok sembilan merupakan sebuah jalan yang sangat curam dengan  patahan belokan yang ekstrim. Namun saat ini pemerintah telah membuat jembatan sehingga jalan tersebut yang kita lewati menjadi lebih landai. Dengan adanya jembatan ini justru menghadirkan pesona lain yaitu kita bisa melihat jalan dibawah kita yang curam serta bentangan jembatan yang terlihat begitu megah nan indah.

Demikian ulasan tentang perjalanan dan tentang indahnya Lembah Harau, semoga bisa menjadi referensi bagi traveler semuanya yang akan melakukan perjalanan wisata ke daerah ini. Masih banyak keindahan dan penomena alam yang ada di negeri kita Indonesia tercinta yang masih harus kita jelajahi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.