Skip to main content

Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk Menanam Sayuran

Pertanian merupakan identitas bagi negara kita ini. Indonesia dikenal sebagai negara pertanian, namun ironisnya kita malah meng-impor dari negara lain.

Sebenarnya banyak sekali usaha pertanian yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor ini, kita bisa memulai dari hal kecil. Misalnya kita melakukan budidaya pertanian di lahan pekarangan kita sendiri.


Banyak sekali usaha yang dapat dilakukan di halaman pekarangan rumah untuk menanam komoditas pertanian, misalnya menanam sayuran, buah-buahan, bunga dll. Hal kita anggap sepele dan kecil akan memberikan keuntungan bagi kita. Kita akan mendapatkan hasil dari itu yang bisa kita konsumsi sendiri.

Menanam Sayur di Pekarangan

Untuk pertanian, tidak mesti kita harus mempunyai lahan dengan luas berhektar-hektar, lahan pekarangan pun bisa di jadikan untuk tempat budidaya pertanian, misalnya menanam sayuran. Sayuran sangat penting bagi tubuh sebagai asupan bahan makanan yang mengadung beberapa mineral dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Kita bisa menanam beberapa jenis sayuran di halaman rumah seperti cabai, sawi, tomat, seledri, bawang daun, kangkung dll. Sehingga kita di perlu lagi membeli sayuran ke tempat lain karena kita bisa menghasilkan sendiri. Betapa menguntungkannya bukan jika bahan makanan ada di rumah kita sendiri..? Setidaknya dengan cara ini kita bisa memenuhi kebutuhan untuk konsumsi sendiri. Bahkan bukan tidak mungkin kita bisa menjualnya juga kepada orang lain.. Cukup dengan di pekarangan, teknisnya kita bisa menanam sayuran tersebut di pot, polybag, dan dapat disimpan pada rak-rak yang berundak.

Mari kita menanam pekarangan rumah kita, selain menguntungkan secara ekonomi juga akan sangat menguntungkan untuk lingkungan kita, rumah akan tampak lebih hijau dan indah....

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar