Jadikan Rumah Sebgai Apotik

Terkadang banyak di antara kita yang belum optimal dalam memanfaatkan pekarangan rumah kita. Lahan dibiarkan begitu saja, bahkan kadang tumbuh rumput dimana-mana. Sebenarnya banyak sekali cara untuk memanfaatkannya, diantaranya dengan membuat pekarangan kita sebagai apotik. Bagaimana caranya? Gampang...

Kita bisa menanami pekarangan rumah dengan beraneka tanaman obat sperti tanaman-tanaman herbal. Banyak sekali jenis tanaman herbal di sekitar kita yang dapat ditanam diantara contohnya: Kunyit, jahe, kencur, kumis kucing, lidah buaya, dan banyak lagi jenis lainnya.
Metode penanaman bisa dengan beberapa cara, bisa ditanam langsung di tanah pekarangan yang masih kosong (tanpa beton) atau bisa juga dengan menggunakan media pot, sehingga akan gamapng dalam mengontrol tanamannya.
Penuhi lahan kosong kita dengan beraneka tanaman yang bermanfaat, sehingga dikemudian hari jika kita membutuhkannya dapat langsung memetiknya di lahan sendiri, kita tidak usah repot-repot mencari dan membeli di tempat lain karena kita punya sendiri.   Berikut contoh tanaman obat serta khasianya.

Jahe
Manfaat: bisa mengontrol tekanan darah tinggi, kanker ovarium, mencegah kanker usus besar, mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi, sembelit, mulas, pilek, flu, dan migrain, juga mengurangi kerusakan ginjal pada pasien diabetes. Diketahui juga bahwa jahe juga bisa dipakai sebagai anti-inflamasi, anti-kembung (kontrol pencernaan gas) dan anti-oksidan (pencegah kanker).dll.
Kunyit
Manfaat: bisa mengobati reumatik, bengkak, antiperadangan, antitoksik, antihiperlipidemia, dan aktivitas antikanker dll.

Kencur
Manfaat: mengobati berbagai macam penyakit seperti radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, menghilangkan darah kotor, diare, memperlancar haid, mata pegal, keseleo, dan kelelahan dll.

Kumis Kucing
Manfaat:  Infeksi saluran kencing atau sering kencing (anyang-anyangan), Kencing yang tersendat dan disertai rasa sakit, Darah tinggi, dan Demam.

Lidah Buaya
Manfaat: menyuburkan rambut, mengobati diabetes melitus, serangan jantung, Radang tenggorokan, Ambeien, Sembelit, Batuk (yang membandel).
Selain tanaman-tanaman yang disebutkan tersebut, masih sangat banyak sekali tanaman-tanaman lain yang dapat dikembangkan serta mempunyai khasiat-khasiat lain. Mungkin lain kali kita akan ulas per jenis tanaman dengan berbagai khasitnya serta petunjuk penggunaanya..
Sumber: berbagai sumber 

2 comments

Silahkan tulis komentar anda

 

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.