Mekanisme ngantuk

apa yang lu lu semua lakuin kalo lu lagi ngantuk?
Yaaaa..anda benar... "tidur jawabannya", mungkin ada jawaban lain?
kayaknya sepakat ya, kalo ngatuk hal terbaik n paling enak adalah tidur..
tapi lain kasus nya jika lu lu semua ngantuk pas dalam keadaan lagi kerja, terus kita duduk di depan boss?

woow..rasanya pasti aneh banget, sumpeh aneeeeh banget.. itulah yang pernah gw rasain..


waktu itu gw sedang kerja di kantor, ceritanya lagi ngetik-ngetik laah (entah itu ngetik laporan atau ngetik blog, hehe), pas kebetulan mw hari raya. Dan juga kebetulannya lagi temen-temen di kantor pada ambil cuti, tinggal laah gw ama big boss berdua di kantor. - gw krja di sebuah perusahaan swasta, yang susunan kabinetnya (kayak mentri aje..) di mulai dari divisi, departemen, seksi dll (turunannya sampai ke bawah entah apa lagi). Kebetulan gw di departemen 'x' yang posisi duduknya dalam1 ruangan, sama semua yang beda cuman jenis meja n jenis kursi nya aja.. untuk ukuran kepala (departemen atau seksi), jadi selaku bawahan pasti terkontrol oleh atasan masing2-


Jadi lah gw seharian berdua aja ama boss..

waktu tu gw dilanda ngantuk yang teramat sangat (kalo ada lidi atau tusuk gigi, gw ganjel deh tuh mata). bingung..resah..segan..ga enak..malu..kagum (lho..??).. semakin lama kepala gw semakin merunduk, kalo diibaratkan pepatah ilmu padi "semakin berisi semakin merunduk" (nyambung ga yaaa??)..

dengan setengah sadar, gw berfikir dan mengambil inisiatif...masih sambil berfikirr... semakin lama semakin ga mikiirr... gw goyangkan kepala lagi ..dugudugudug...(kira-kira begitu bunyinya), biar tersadar, meski hanya setengah, yang penting masih ada sedikit cahaya yang masuk dalam otakku... woww...gw dapat ide bagus, karena gw tipe orang pembelajar (hoek..hoek..) maka muncullah ide gw, kenapa gw bisa ngantuk begini? apa sih yang menyebabkan orang bisa mengantuk? (begitulah kira-kira seluruh pertanyaan yang terbesit dalam dada ku.. dan akhirnya gw putuskan untuk searching melalui internet "bagaimana mekanisme ngantuk"...

well..well.. berdasarkan hasil serching yg dh gw lakuin 'bahwa ngantuk adalah suatu mekanisme tubuh yang wajar, karena tubuh perlu istirahat. Namun akan agak kurang wajar jika ngantuk di jam-jam produktif atau kerja. kejadian tersebut bisa dikarenakan tubuh kurang istirahat pada malam hari (kurang tidur laah gitu..). Tubuh mempunyai hak nya untuk istirahat/tidur 8 jam setiap hari, hal ini akan wajar jika qt ngantuk di jam kerja karena malamnya kita begadang.. (wajar tidaaaak?, diucapkan gaya Aa Gym dengan logat sundanya yang khas).
Selain itu, tidur di jam kerja bisa dikarenakan suply oksigen ke otak kurang (makanya..sering-sering lah bernafas, mumpung gratis..hehe), kurang nya suply oksigen kedalam otak bisa disebabkan karena tidak seimbangnya metabolisme tubuh kita. Maka sebab itu, seimbangkanlah metabolisme kita..

bagaimana caranya yaa?

Berdasarkan sumber lain yang gw baca, agar metabolisme kita bagus, lancar, seimbang, luar biasa (opoo meneh iki enek luar biasane mbarang, -apa lagi itu ada kata luar biasa segala, red-) yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti:

1. Makan makanan yang bergizi- sesuai dengan semboyan makan yaitu "empat sehat 5 sempurna", semua unsur zat gizi yand diperlukan tubuh harus ada dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. seperti unsur karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral..(kayaknya makanannya mahal ya.. coz lengkap banget). Gak mahal koq, semua makanan itu bisa kita peroleh di sawah, kebun dan kandang ternak kita.. -bagi yang punya, heheh-

2. Rajin-rajin lah olah raga. disyaratkan kita melakukan olah raga 3 kali dalam seminggu, banyak macam olah raga dari yang mahal smpe yang sama sekali ga ngeluarin biaya. minimal olah raga kita jalan kaki laaah... (kalo jalan-jalan di mall termasuk olah raga ga ya?). Murah kan? dengan olah raga yang telihat sepele seprti itu ternyata banyak sekali kegunaanya lho...ga bisa di uraikan disini, pokonya banyak deh..

3. Cukup istirahat.

Nah itu lah hasil searching gw.. dan setelah gw baca-baca, gw fahami, gw mengerti, resapi, teliti..ternyata gw masih ngantuk....
maka kutulislah pengalaman ngantuk gw ke blog (sebenarnya, cerita ini adalah kejadian sekarang...tulisan blog ini, pegalaman ini, adalah saat ini..)
Hooaaaaaammmm zzzZZzzZZZzzzzz...st...

1 comment

  1. panjang amat tulisannya brow... nice post.. aku jadi ngantuk

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar anda

 

Mau Belanja??

laptop

Promo Iklan

Belajar Iklan Di Facebook 200x200

LIKE and SHARE ME

Berlangganan Artikel KangIbra.com

Powered by Blogger.